Tilik Deretan Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2021

Times Higher Education World University Rankings 2021 mencakup lebih dari 1.500 universitas di 93 negara dan wilayah, menjadikannya peringkat universitas terbesar dan paling beragam hingga saat ini.

Peringkat ini didasarkan pada 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat yang mengukur kinerja institusi di empat bidang, yaitu: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Apa saja 5 universitas terbaik di dunia versi mereka?

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah universitas riset swasta independen, coedukasi, yang berbasis di kota Cambridge, Massachusetts. MIT saat ini memiliki 5 sekolah atau bidang: arsitektur dan perencanaan, teknik, humaniora, seni dan ilmu sosial, serta manajemen dan sains.

Terdapat sekitar 1.000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Bidang penelitian MIT saat ini meliputi pembelajaran digital, sustainable energy, Big Data, kesehatan manusia, dan masih banyak lagi.

4. California Institute of Technology (Caltech)

Pasadena, United States – October 1, 2013: Caltech Main Entrance to the California Institute of Technology. Caltech is a research university in Pasadena, CA and home to 32 Nobel Prizes.

California Institute of Technology (Caltech) adalah lembaga penelitian dan pendidikan sains dan teknik yang terkenal di dunia, di mana fakultas dan mahasiswa yang luar biasa mencari jawaban atas pertanyaan kompleks, menemukan pengetahuan baru, memimpin inovasi, dan mengubah masa depan. Kampus ini terletak di Pasadena, California, sekitar 11 km dari pusat kota Los Angeles.

Caltech memiliki enam divisi akademik dengan penekanan kuat dalam pengajaran dan penelitian sains dan teknologi. Alumni dan fakultas Caltech telah dianugerahi 39 Hadiah Nobel, satu Fields Medal, enam Turing Awards dan 71 United States National Medal of Science or Technology. Empat ilmuwan kepala Angkatan Udara AS juga menghadiri lembaga tersebut.

3. Harvard University

Sejak tahun 1636, Harvard University adalah universitas tertua di Amerika Serikat dan dianggap sebagai salah satu yang paling bergengsi di dunia. Dinamai dengan nama dermawan pertamanya, John Harvard, yang mewariskan perpustakaan dan setengah dari tanah miliknya ketika dia meninggal pada tahun 1638.

Lembaga swasta Ivy League ini memiliki koneksi ke lebih dari 45 pemenang Nobel, lebih dari 30 kepala negara dan 48 pemenang hadiah Pulitzer.

2. Stanford University

Terletak di jantung Sillicon Valley, Stanford University didirikan pada tahun 1885 oleh Jane dan Leland Stanford, “untuk mempromosikan kesejahteraan publik dengan menjalankan pengaruh atas nama kemanusiaan dan peradaban.” Sejak dibuka pada tahun 1891, fakultas dan mahasiswa Stanford telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia melalui penemuan dan penerapan pengetahuan.

Terobosan di Stanford termasuk transplantasi jantung-paru pertama yang berhasil, debut mouse komputer, dan pengembangan musik digital.

1. University of Oxford

University of Oxford adalah universitas tertua di negara berbahasa Inggris dan universitas tertua kedua di dunia yang masih bertahan. Sementara tanggal pasti pendiriannya tidak diketahui, ada bukti bahwa pengajaran berlangsung sejak tahun 1096.

Mahasiswa Oxford berjumlah sekitar 22.000 secara total, lebih dari setengahnya adalah sarjana, dan lebih dari 40 persen adalah mahasiswa internasional dari 140. Hampir seperempat penduduk di Oxford adalah mahasiswa. Terletak di dan sekitar pusat kota abad pertengahan Oxford, universitas ini terdiri dari 44 bangunan dan aula, serta lebih dari 100 perpustakaan, menjadikannya sebagai sistem perpustakaan terbesar di Inggris.

Adakah kampus impianmu di antara kelima universitas terbaik di dunia tahun 2021 ini?

 

Sumber : https://blog.schoters.com